Strategi Pemasaran UMKM Era Pasar Digital Melalui Pelatihan Kewirausahaan di Kota Tangerang

  • Anis Setiawati Universitas Sultan Ageng Tirtayasa Kota Serang-Banten
  • Anisa Rahma Safitri Universitas Sultan Ageng Tirtayasa Kota Serang-Banten

Abstract

Perkembangan teknologi dan persaingan usaha yang semakin tinggi membuat para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) harus memiliki strategi pemasaran yang baik untuk dapat bersaing dengan para kompetitornya. Inovasi teknologi dalam pemasaran dengan memanfaatkan internet berupa digital marketing atau internet marketing merupakan paradigma yang harus dipahami dalam bisnis saat ini khususnya sektor UMKM. Dalam rangka menghasilkan dan memaksimalkan peluang usaha bagi para pelaku UMKM, Dinas Sosial Kota Tangerang menyelenggarakan pelatihan kewirausahaan yang berlokasi di Kelurahan Karangsari dan Kelurahan Kedaung Wetan, Kota Tangerang. Jenis pelatihan ini yaitu pelatihan kewirausahaan ekonomi produksi kuliner dengan menggunakan metode latihan/praktek, instruksi kerja, dan studi kasus. Hasil dari kegiatan pelatihan ini yaitu pelaku UMKM wilayah Kelurahan Karangsari dan Kedaung Wetan dapat memahami, memproduksi hingga memanajemen sebuah UKM rumah tangga yang mampu menghasilkan dan memaksimalkan peluang usaha. Evaluasi dari kegiatan ini yaitu persediaan pendanaan modal belum cukup untuk memproduksi barang dalam jumlah besar dan masih banyak peserta yang belum  memahami penggunaan media sosial. Kegiatan pengabdian masyarakat ini sangat bermanfaat bagi pelaku UMKM di Kelurahan Karangsari dan Kelurahan Kedaung Wetan, Kota Tangerang untuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan dan perekonomian masyarakat. Kata kunci: UMKM, Digital, Marketing, Kewirausahaan  

References

Guruh Herman Was’an, A. S. (2021). Pelatihan Pemasaran Produk Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (UMKM) Berbasis Digital di Kecamatan Citeureup. Jurnal Pengabdian Masyarakat Madani, 1(1), 31-36.
Muhammad Ramaditya, S. E. (2020). Pelatihan Kewirausahaan Kreatif Berbasis Manajemen Pemasaran Digital bagi UMKM Di Wilayah Rawamangun. JSCD (JOURNAL OF SUSTAINABLECOMMUNITY DEVELOPMENT), 2(1), 48-54.
Sholeh Hidayat, I. D. (2018). Pemberdayaan Perempuan Berbasis Ekonomi Kreatif melalui Pelatihan Pembuatan Keset dari Limbah Kain. Journal of Nonformal Education and Community Empowerment, 2(1), 20-30.
Utama, I. D. (2019). Analisis Strategi Pemasaran Pada Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (UMKM) Pada Era Digitan Di Kota Bandung. EQUILIBRIUM, 7(1), 1-10.
Published
2022-03-02