PENGUATAN LITERASI DAN PENINGKATAN KECINTAAN TERHADAP LINGKUNGAN DI SDN 1 BAUN

  • Andreas Efinandus S. Nahak Universitas Katolik Widya Mandira Kupang
  • Anselmus Boy Baunsele Universitas Katolik Widya Mandira Kupang
  • Jemi Arianto Soares Universitas Katolik Widya Mandira Kupang
  • Suzana Pinto Universitas Katolik Widya Mandira Kupang
  • Nikson Adrianus Hibu Universitas Katolik Widya Mandira Kupang
  • Yessi Melvinda Ndun Universitas Katolik Widya Mandira Kupang
  • Benyamin Robertus Sila Universitas Katolik Widya Mandira Kupang
  • Ansi Arianti Riwu Universitas Katolik Widya Mandira Kupang
  • Peter Ronaldo Thaal Universitas Katolik Widya Mandira Kupang
  • Aprianus Seran Universitas Katolik Widya Mandira Kupang
  • Ricardus Bahan Universitas Katolik Widya Mandira Kupang
  • Ivan Gilbert Yoseph Bire Universitas Katolik Widya Mandira Kupang
  • Maria Yorisa Hoar
  • Maria Avelina Suryanti Demong Universitas Katolik Widya Mandira Kupang
  • Laxmy Ratu Raja Universitas Katolik Widya Mandira Kupang
  • Hildegardis Missa Universitas Katolik Widya Mandira Kupang

Abstract

Covid-19 merupakan virus mematikan yang telah melumpuhkan semua aspek kehidupan. Bidang pendidikan menjadi salah satu bidang yang mengalami dampak langsung wabah tersebut. Atas kejadian ini, maka diberlakukan berbagai kebijakan seperti belajar dari rumah (Learning from home), sebagai upaya untuk pencegahan penyebaran virus. Konsekunsi logisnya, kemampuan anak dalam hal membaca dan menulis pun berkurang karena pendampingan langsung dari guru sangatlah kurang. Berhadapan dengan fakta miris yang ada, mahasiswa KKN Universitas Katolik Widya Mandira hadir untuk memberikan pendampingan dalam rangka penguatan literasi bagi murid-murid di SDN 1 Baun, Kelurahan Teunbaun, Kabupaten Kupang-NTT. Proses pendampingan ini, dilakukan selama empat minggu. Pendampingan penguatan literasi dilakukan di sekolah dan kantor kelurahan (Teunbaun Reading Corner). Selain pendampingan penguatan literasi, peningkatan kecintaan terhadap lingkungan menjadi isu yang sampaikan kepada para peserta didik. Kegiatan ini menjadi langkah inovatif untuk  menjawabi persoalan mendasar yang dialami para siswa. Hasil kegiatan menunjukkan adanya semangat membaca, menulis dan belajar yang ditunjukkan oleh para siswa bukan cuma di sekolah melainkan di rumah masing-masing sesuai dengan pengakuan para guru dan orang tua

References

Abarca, R. M. (2021). PENINGKATAN KEPEDULIAN CINTA LINGKUNGAN MELALUI PEMBELAJARAN BERBASIS KONSERVASI DI SDN 023 PULAU KIJANG. Jurnal Tunjuk Ajar, 2 (1), Hal. 15-19.
Afriyeni, Y. (2018). Pembentukan Karakter Anak Untuk Peduli Lingkungan Yang Ada Di Sekolah Adiwiyata Mandiri SDN 6 Pekanbaru Yeni Afriyeni Sekolah Tinggi Persada Bunda Pekanbaru. Jurnal PAUD Lectura, 1(2), Hal. 123-133.
Agang, M. J., Nesanto, T., Kopon, A. M., Komisia, F., Boelan, E. G., Lawung, Y. D., … Muskuloskeletal, K. (2021). EDUKASI PEMBUATAN HAND SANITIZER BAGI MASYARAKAT Abstrak. 4, 33–39.
Amirudin, M. F. (2019). Hubungan Pendidikan dan Daya Saing Bangsa. BELAJEA: Jurnal Pendidikan Islam, 4(1), 35. https://doi.org/10.29240/belajea.v4i1.723
Anisa, A. R., A. A. Ipungkarti, D., & K. N. Saffanah. (2021). Pengaruh Kurangnya Literasi Serta Kemampuan Dalam Berpikir Kritis Yang Masih Rendah Dalam Pendidikan Di Indonesia. 1st National Conference on Education, System and Technology Information, 01(01), 1–4.
Ardiman, K., Tukan, M. B., & Baunsele, A. B. (2021). Pengembangan Video Pembelajaran Berbasis Praktikum Dalam Pembelajaran Daring Materi Titrasi Asam Basa Kelas XI SMAN 5 Pocoranaka. Jurnal Beta Kimia, 1(1), 22–28. Retrieved from https://ejurnal.undana.ac.id/index.php/jbk/article/view/5130
Baunsele, A. B., Bulin, C. D. Q. M., & Missa, H. (2020). Upaya Peningkatan Pemahaman Terhadap Bahaya Sampah Plastik Dan Pengolahannya Bagi Siswa-Siswi SMA Negeri 3 Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur. Patria, 2(1), 43. https://doi.org/10.24167/patria.v2i1.2586
Baunsele, A. B., Tukan, M. B., Kopon, A., Boelan, E. G., Komisia, F., Leba, M., & Lawung, Y. (2020). Peningkatan Pemahaman Terhadap ilmu Kimia Melalui Kegiatan Praktikum Kimia Sederhana di Kota Soe. Jurnal Pengabdian Kepada Mayarakat (Aptekmas), x(x), 43–48.
Deliany, N., Hidayat, A., & Nurhayati, Y. (2019). Penerapan Multimedia Interaktif untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep IPA Peserta Didik di Sekolah Dasar. Educare, 17(2), 90–97. Retrieved from http://jurnal.fkip.unla.ac.id/index.php/educare/article/view/247
Erfan, M., Sutisna, D., Syazali, M., Sobri, M., Pendidikan, S., & Sekolah, G. (2020). Pendampingan Pendidikan Karakter Mahasiswa HMPS PGSD Universitas Mataram dalam Kegiatan Kemah Bakti Masyarakat. DINAMISIA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 339–345. https://doi.org/https://doi.org/10.31849/dinamisia.v4i2.3844
Fajar, B. Al. (2019). Analisis Penanaman Kemampuan Literasi Siswa Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FKIP Universitas Riau, Hal. 74–79.
Fajar, D. A., Haryanto, M., & Sutrisno, C. R. (2020). Menggugah Literasi Dari Tepian Kali: Pelatihan Literasi Saung Baca “Book Island.” Patria, 2(2), 122. https://doi.org/10.24167/patria.v2i2.2776
Fatmawati, F. (2020). Edukasi Penggunaan Hand Sanitizer Dan Pembagian Hand Sanitizer Disaat Pandemi Covid-19. JCES (Journal of Character Education Society), 3(2), 432–438.
Harling, V. N. Van, Romalutur, S., & Tobi, M. D. (2021). Pendampingan Peningkatan Literasi Baca Tulis Anak Usia Sekolah Di Kelurahan Suprau Distrik Maladum Mes. Jurnal Karya Abdi Masyarakat, 4(3), 577–584. https://doi.org/10.22437/jkam.v4i3.11579
Ilham, M., Wijiati, I. A., Saputra, A., (2021), Pendampingan Orangtua Dalam Pelestarian Cinta Membaca Cerpen Untuk Anak Sekolah Dasar Sistem Door To Door Dalam Rangka Memutus Rantai Penularan Covid-19 Di Perumahan Pesona Citra Cemerlang 2 Tarakan, Jurnal Inovasi Dan Pengabdian Kepada Masyarakat (JIPkM). 1 (1), Hal. 38-43
Khatimah, H., Fatimah, N., & Ningsih, S. (2021). Pendampingan Gerakan Reading Corner di SDN Inpres Samili 2 untuk Menumbuhkan Minat dan Budaya Literasi. Bima Abdi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 63–68. https://doi.org/10.53299/bajpm.v1i2.67
Kopon, A. M., Baunsele, A. B., & Boelan, E. G. (2020). Skrining Senyawa Metabolit Sekunder Ekstrak Metanol Biji Alpukat (Persea Americana Mill.) Asal Pulau Timor. Akta Kimia Indonesia, 5(1), 43. https://doi.org/10.12962/j25493736.v5i1.6709
Lutfi, Sumardi, A., Farihen, & Ilmia, G. (2020). Pendampingan Kegiatan Membaca untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Siswa Sekolah Dasar pada Masa Pandemi Covid-19. Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ, 1–5. Retrieved from https://jurnal.umj.ac.id/index.php/semnaskat/article/view/8069
Missa, H., Eduk, E. J., Djalo, A., & Baunsele, A. B. (2020). Uji Kandungan Bahan Makanan. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(4), 37–42.
Hasti, F., Kopon, A. M., Baunsele, A. B., Tukan, M. B., Leba, M. A. U., Boelan, E. G., & Komisia, F. (2021). Identification of Phytochemical Extract of a Combination of Young Coconut Water, Ginger and Turmeric. Indonesian Journal of Chemical Research, 9(2), 129–136. https://doi.org/10.30598//ijcr
Pasciana, R., Yusidha, S. N. A., Walyasa, , Andi Reksa Dzunurain, Rahmayanti, C., Laxmi, W. N., & Iriany, I. S. (2021). Peningkatan Kualitas Membaca dan Menulis Siswa Sekolah Dasar melalui Studi Club. Bantenese : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 142–156. https://doi.org/10.30656/ps2pm.v3i2.4078
Permatasari, A. (2015). Membangun Kualitas Bangsa dengan Budaya Literasi. Seminar Nasional Bulan Bahasa UNIB, 146–156.
Setiawan, A. A., & Sudigdo, A. (2019). Penguatan Literasi Siswa Sekolah Dasar Melalui Kunjungan Perpustakaan. Prosiding Seminar Nasional PGSD, 2015, 24–30.
Published
2022-02-21