Penguatan Kedisiplinan Diri Penghuni Asrama Rumah Susun Mahasiswa Universitas Katolik Widya Mandira

  • Siprianus Soleman Senda Universitas Katolik Widya Mandira
  • Marieta Ose Melburan Universitas Katolik Widya Mandira
  • Theodorus A. Silab Universitas Katolik Widya Mandira
  • Oktovianus Naif Universitas Katolik Widya Mandira

Abstract

Kedisiplinan diri adalah kunci utama dalam meraih prestasi belajar. Kedisiplinan akan membantu seorang mahasiswa dalam memanajemen waktunya dengan seefektif dan seefisien mungkin untuk belajar. Namun hanya dengan memanajemen waktu tanpa sebuah pengendalian diri maka niscaya kedisiplinan tidak akan terjadi. Di tengah era new normal, kedisiplinan diri bagi setiap mahasiswa merupakan sebuah keharusan. Mengingat sistem pembelajaran dilakukan secara daring, dengan menggunakan pelbagai platform media pembelajaran online. Pada titik ini, sistem pembelajaran ini menjadi peluang sekaligus menjadi tantangan baru dalam dunia pendidikan. Untuk memberikan pemahaman dan membangun kedisiplinan mahasiswa dalam proses pembelajaran demi mencapai prestasi akademik yang baik, maka perlu dilakukan upaya penyadaran bagi para mahasiswa. Kelompok mahasiswa yang menjadi sasaran pengabdian ini adalah mahasiswa di asrama rusunawa Universitas Katolik Widya Mandira Kupang. Metode yang digunakan adalah pemaparan, diskusi dan evaluasi kegiatan pendampingan penguatan kedisiplinan. Hasilnya para mahasiswa menemukan sendiri dalam proses bahwa kedisiplinan itu penting dalam pembelajaran untuk mencapai prestasi akademik. Dengan kesadaran ini, mahasiswa didorong untuk membangun komitmen berdisiplin dalam manajemen pembelajaran. Kunci keberhasilan dalam proses pembelajaran manapun adalah kedisiplinan diri.Kata kunci:Pandemi covid-19, pembelajaran online, kedisiplinan diri, pengendalian diri

References

Ardiman, K., Tukan, M. B., & Baunsele, A. B. (2021). Pengembangan Video Pembelajaran Berbasis Praktikum Dalam Pembelajaran Daring Materi Titrasi Asam Basa Kelas XI SMAN 5 Pocoranaka. Jurnal Beta Kimia, 1(1), 22–28. Retrieved from https://ejurnal.undana.ac.id/index.php/jbk/article/view/5130
Baunsele, A. B., Bulin, C. D. Q. M., & Missa, H. (2020). Upaya Peningkatan Pemahaman Terhadap Bahaya Sampah Plastik Dan Pengolahannya Bagi Siswa-Siswi SMA Negeri 3 Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur. Patria, 2(1), 43. https://doi.org/10.24167/patria.v2i1.2586
Baunsele, A. B., Tukan, M. B., Kopon, A., Boelan, E. G., Komisia, F., Leba, M., & Lawung, Y. (2020). Peningkatan Pemahaman Terhadap ilmu Kimia Melalui Kegiatan Praktikum Kimia Sederhana di Kota Soe. Jurnal Pengabdian Kepada Mayarakat (Aptekmas), x(x), 43–48.
Nahak, A. E. S., Soares, J. A., Pinto, S., Hibu, N. A., Ndun, Y. M., Sila. B. R., Riwu, A. A., Thaal. P. R., Seran, A., Bahan, R., Bire, I. G. Y., Hoar, M. Y., Demong, M. A. S., Raja, L. R., Baunsele, A. B., & Missa, H., (2021). PENGUATAN LITERASI DAN PENINGKATAN KECINTAAN TERHADAP LINGKUNGAN DI SDN BAUN 1. Jurnal Inovasi Dan Pengabdian Kepada Masyarakat (JIPkM). 2(1). 1–9.
Hardiman, F. B. (2018). Manusia Dalam Prahara Revolusi Digital. Diskursus - Jurnal Filsafat Dan Teologi Stf Driyarkara, 17(2), 177–192. https://doi.org/10.36383/diskursus.v17i2.252
Kristin, F., & Kencana Sari, F. (2019). Pengaruh Kedisiplinan Belajar Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa dalam Mata Kuliah Konsep Dasar IPS. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 28(1), 31. https://doi.org/10.17509/jpis.v28i1.17810
Manshur, A. (2019). Strategi Pengembangan Kedisiplinan Siswa. Al Ulya : Jurnal Pendidikan Islam, 4(1), 16–28. https://doi.org/10.36840/ulya.v4i1.207
Melladi. (2021). PENINGKATAN KEPEDULIAN CINTA LINGKUNGAN MELALUI PEMBELAJARAN BERBASIS KONSERVASI DI SDN 023 PULAU KIJANG. Jurnal Tunjuk Ajar. 2(1). 15-19
Sahumena, H., & Aba, L. (2020). Penguatan Peran Masyarakat Dalam Mitigasi Dan Adaptasi Terhadap Wabah Covid-19 Di Kabupaten Buton. 1(3), 129–137.
Sepita, S. F., & Suryanti, S. (2020). Pengaruh Pembelajaran Daring Terhadap Hasil Belajar Kognitif Mahasiswa Pada Mata Kuliah Limnologi. Journal of Research and Education Chemistry, 2(2), 102. https://doi.org/10.25299/jrec.2020.vol2(2).5826
Soekanto, S. (2002). Teori Peranan. Bumi Aksara, 04(048), 243.
Solihin. (2017). Pengaruh Kedisiplinan Terhadap Prestasi Siswa Sman 1 Benai Kabupaten Kuantang Singinggi (Study Kasus Kelas Ix). Jom Fisip, 4(1), 1–15.
Sudarwati, et al. (2021). PENGABDIAN MASYARAKAT DENGAN STRATEGI PENDEKATAN EDUKATIF, KOLABORATIF, DAN SEMANGAT MELAWAN COVID-19. Jurnal Inovasi Dan Pengabdian Kepada Masyarakat (JIPkM). 1(2), 71–79.
Wirantasa. (2017). Pengaruh Kedisiplinan Siswa Terhadap Prestasi. Jurnal Formatif, 7(1), 83–95.
Zakaria, T. (2019). Disiplin: Sebuah Keharusan yang Wajib Dimiliki Setiap Pegawai. Jurnal Lingkar Widyaiswara, 1(1), 62–66.
Published
2022-03-03