PENDIDIKAN PADA MASYARAKAT DALAM MENINGKATKAN SENI PEMBUKUAN MELALUI SENI SIAR RADIO DI KABUPATEN KLATEN

  • Titik Purwanti Universitas Widya Dharma, Klaten
  • Agung N. Jati Universitas Widya Dharma, Klaten
  • Cahaya Nugrahani Universitas Widya Dharma, Klaten
  • Oki Kuntaryanto Universitas Widya Dharma, Klaten
  • Zuyina Luklukaningsih

Abstract

 Accounting memang tidak bisa dipungkiri merupakan suatu seni pembukuan, dimana seni pencatatan sehingga menghasilkan laporaan keuangan yang bisa digunakan oleh perusahaan ataupun instansi lainnya, jadi memang tidak bisa dielakkan bahwa pembukuan merupakan seni pencatatan yang menghasilkan suatu aktivitas jasa. Tujuan Kegiatan Mengoptimalkan Pendidikan seni pembukuan melalui seni siar agar tersampaikan dengan jelas, Mengoptimatkan radio sebagai ajang dalam penyampaian Pendidikan yang aman dan murah, Mengoptimalkan youtube sebagai sarana penyampaian seni pembukuan, Mengoptimalkan steaming dan interaksi via telepon dalam tanya jawab secara langsung. Kita berikan pengertian apa itu seni pembukuan melalui seni siar di 3 radio yang aktif di Klaten yaitu RWK FM, RSPD FM, CANDISEWU FM, sesuai dengan jadwal masing-masing yang sudah dipetakan, dan gambar diatas menunjukkan pada saat lakukan seni siar di RWK FM. Tempat Penyelenggaraan kegiatan pengabdian di siarkan dibeberapa radio yang berada di Klaten, diantaranya RWK FM, CANDI SEWU FM, RSPD FM selama 6 bulan dan di akhir pengabdian diadakan langsung live streaming youtube pada hari Senin, 13 September 2021, jam 20.00 sampai dengan 23.30 WIB dan juga dihadiri 30 monitor radio karena pandemic covid, maka ada pembatasan yang hadir juga tetap terapkan prokes, dimana disiarkan dari Omah Wayang yang beralamat Jl. Arimbi No. 02, Dukuh Jombor, Desa Danguran, Kec. Klaten Selatan, Padangan, Danguran, Kec. Klaten Sel., Kabupaten Klaten, Jawa Tengah 57425.  KataKunci:Seni pembukuan, seni siar, radio

References

Cahyani Nuswandari, S. (2009). Pengungkapan pelaporan keuangan dalam perspektif signalling theory. Kajian Akuntansi, 1(1), 48-57.
Markham, S., Cangelosi, J., & Carson, M. (2005). Marketing by CPAs: Issues with the American Institute of Certified Public Accountants. Services Marketing Quarterly, 26(3), 71-82.
Singh Wahla, R. (2011). AICPA committee on terminology. Accounting Terminology Bulletin, 1.
Suwaldiman, S. (2000). Pentingnya pertimbangan tanggung jawab sosial perusahaan dalam penetapan tujuan pelaporan keuangan dalam conceptual framework pelaporan keuangan Indonesia. Jurnal Akuntansi dan Auditing Indonesia, 4(1), 67-98.
Suwaldiman, S. (2018). Pengaruh Free Cash Flow, Operating Cash Flow, dan Dividend Payout Ratio Terhadap Nilai Perusahaan. Ultima Accounting: Jurnal Ilmu Akuntansi, 10(1), 52-65.
Source: http://keuanganlsm.com/akuntansi-sebagai-seni-art/
Titik, P dkk (2021), Laporan Pengabdian BUMDES di Desa Jimbung
Purwanti, T., Jati, A. N., Utami, T., Kuntaryanto, O., & Nugrahani, C. (2021). Pendidikan dan Pelatihan Masyarakat Dalam Meningkatkan Pendapatan Desa Melalui Bumdesa Sebagai Kekuatan Ekonomi Baru di Desa Jimbung Kecamatan Kalikotes Kabupaten Klaten. Budimas: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 282-292.
Link youtube Omah Wayang, https://youtu.be/3igfpmYZAcQ
Published
2022-01-30