PENGENALAN DIGITAL MARKETING UNTUK MENINGKATKAN PENGHASILAN USAHA PADA BERDIKARI FARM DI KABUPATEN SELUMA PROPINSI BENGKULU

  • Sulisti Afriani Universitas Dehasen Bengkulu
  • Rina Trisna Yanti Universitas Dehasen Bengkulu
  • Herlin Herlin Universitas Dehasen Bengkulu
  • Lena Elfianty Universitas Dehasen Bengkulu
  • Rinto Noviantoro Universitas Dehasen Bengkulu

Abstract

Berdikari Farm merupakan usaha peternakan ayam petelur yang berada di Jalan Lintas Bengkulu - Manna Km 18,5 Babatan No. 54 Kel. Babatan - Kab. Seluma Bengkulu, dimana pelaksanaan pengabdian dilakukan adalah untuk memberikan pengenalan tentang digital marketing dimasa sulit sekarang ini akibat dari Pandemi Covid-19 Februari 2020 lalu yang masih berimbas pada usaha Berdikari Farm sampai dengan sekarang di tahun 2022, hal menyebabkan penjualan telur ayam menjadi menurun dikarenakan sulitnya melakukan penjualan secara langsung (konfensional/offline) khususnya e-comerrce. Masih kurangnya pengetahuan dari pemilik usaha maka mendorong tim pengabdian masyarakat ini untuk memberikan informasi mengenai digital marketing mengenai penggunaan teknologi informasi dalam pemasaran. Dengan adanya kegiatan ini maka diharapkan pemilik usaha akan termotivasi untuk menggunakan digital marketing agar mendapatkan peluang dan memanfaatkannya sebagai sarana komunikasi dalam meningkatkan penghasilan usahanya . adapun metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah ceramah, tanya jawab dan simulasi. Berdasarkan hal tersebut maka solusi yang diberikan kepada usaha Berdikari Farm adalah memberikan materi dan pengenalan mengenai digital marketing untuk meningkatkan penghasilan usahanya sehingga mampu memanfaatkan peluang pemasaran melaui media online dan offline.  KataKunci: Digital marketing, Pemasaran, Meningkatkan penghasilan.

References

Ali, H. (2013). Marketing dan Kasus-Kasus Pilihan. Yogyakarta, CAPS.

Chaffey, Dave, Richard Mayer, Kevin Johnston dan Fiona ellis-Chadwick. (2015) Internet Marketing, Strategy, Implementation And Practice, Pearson Education Limited, London, England

Kotler, Philip dan Gary Amstrong, (2014), Principle Of /marketing, 10th Edition, Pearson Education Inc. Upper Saddle River, New Jersey.

Purwana, Dedi. (2017). Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) Di kelurahan Malaka Sari, Duren Sawit.

Sanjaya, R,. Dan Tarigan, J. (2009). Creative Digital Marketing. Jakarta, Elex Media Komputindo

Wibowo, R.A. (2005). Kesuksesan E-Commerce (Online Shopping) Melalui Trust dan Customer Loyality. Jurnal Ekonomi Bisnis, 2(1), P.1-52
Published
2022-04-07