Pengenalan Metode LCM Sebagai Dasar Pembuatan Aplikasi Pembelajaran Siswa SMK Berbasis Android

  • Lahmudin Sipahutar Universitas Potensi Utama
  • Hairun Nisa Universitas Potensi Utama

Abstract

Pada periode zaman sekarang ini, perkembangan teknologi sangat pesat khususnya pada bidang teknologi informasi dan komputer maka masyarakat mau tidak mau harus mengikuti perkembangan teknologi tersebut sehingga tidak ketinggalan zaman dan supaya dapat beradaptasi dengan lingkungan luar. Sehingga saat ini diperlukan pelatihan  atau pembelajaran pada lingkungan masyarakat khususnya di sekolah tentang perkembangan teknologi komputer maka di lingkungan sekolah dapat mengikuti perkembangan periode zaman sekarang ini. Setelah dilakukan observasi kemampuan siswa dalam algoritma khususnya metode LCM berpotensi untuk dikembangkan keterampilanya dalam membangun aplikasi, khususnya dibidang pembelajaran sebagai dasar jiwa kewirausahaan siswa. didasarkan atas latarbelakang tersebut maka siswa hanya diberikan pengetahuan dasar mengenai algoritma sebagai dasar pembuatan penggunaan metode LCM , sehingga pengabdian masyarakat ini dilakukan. Pengabdian masyarakat lebih fokus pada pengenalam metode LCM sebagai dasar pembuatan aplikasi berbasis android. Metode Linear Congruent Method ( LCM) Method adalah  proses penurunan  secara acak nilai variabel tidak pasti dilakukan dengan  berulang-ulang untuk mensimulasikan modelnya. Kata Kunci : Linear Congruent Method ( LCM); observasi ; pengabdian masyarakat

References

Andriasynah, “Perancangan Aplikasi Game Edukasi Reaksi Unsur Kimia Mengggunakan Metode Linear
Arizqia, M. G., & Widodo, A. A. (2017). Rancang Bangun Aplikasi Dengan Linear Congruent Method (LCM) Sebagai Pengacakan Soal. JOINTECS (Journal of Information Technology and Computer Science), 2(1), 1–6. https://doi.org/10.31328/jointecs.v2i1.412
Bahri, S., Rahayu, M., Sari, D. K., & Simbolon, M. (2020). Analysis of information and communication technology literacy capabilities to the high school physics teacher in Merauke. Gravity : Jurnal Ilmiah Penelitian Dan Pembelajaran Fisika, 6(1), 47–53. https://doi.org/10.30870/gravity.v6i1.636
Hasibuan, Zainal A. 2019. “Metodologi Penelitian Pada Bidang Ilmu Komputer Dan Teknologi Informasi, Konsep, Teknik, Dan Aplikasi.” Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia (1).
Juwariyah, I. (2021). Implementasi merdeka belajar dalam pembelajaran daring selama pandemi COVID-19. In A. Wijayanto, A. S. Anggaira, W. I. Bayu, & F. Amiq (Eds.), Implementasi dan Problematika Merdeka Belajar (Vol. 6, Issue 11, pp. 951–952). Akademia Pustaka
Montolalu, Chriestie, and Yohanes Langi. 2018. “Pengaruh Pelatihan Dasar Komputer Dan Teknologi Informasi Bagi Guru-Guru Dengan Uji-T Berpasangan (Paired Sample T-Test).” d’CARTESIAN 7(1)
Rahmad, A. N., & Pribadi, F. S. (2018). Edu Komputika Journal. Edu Komputika Journal, 5(1), 33–43
Ristekdikti, 2018. Kreatif Dan Inovatif Diera Revolusi Industri 4.0. Jakarta: Ristekdikti
Santika, I. G. N. (2021). Grand Desain Kebijakan Strategis Pemerintah Dalam Bidang Pendidikan Untuk Menghadapi Revolusi Industri 4.0. Jurnal Education and Development, 9(2), 369–377
Published
2022-06-30